Tugas Manajemen
Umum #1
SoftSkill
PROPOSAL USAHA CLOTHING LINE
Disusun Oleh :
Nama : Aditia Duta dwi Cahya
Kelas :
1DB02
NPM :
30113216
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kita panjatkan
kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi tokoh dan
teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang
membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang
paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya kami dapat
menyelesaikan tugas Manajemen Umum# ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari
penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan
oleh guru pada mata kuliah Manajemen Umum#.
Dalam proses penyusunan tugas ini
kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak,
akhirnya saya dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu
melalui kesempatan ini saya menyampaikan terimakasih dan penghargaan
setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu
terselesaikannya tugas ini.
BAB I
PENDAHULUAN
Sebelum menjalankan usaha yang saya
rencanakan ini, maka kita harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran,
mempromosikan dan mendistribusikan produk melalui pasar tradisional maupun
pasar modern yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen terutama konsumen
kalangan remaja.
- Tujuan
Adapun
tujuan dalam mengembangkan usaha clothing line ini yaitu:
1) Berperan aktif dalam bidang bisnis
dan kewirausahaan
2) Mempromosikan produk dagang agar
lebih dikenal konsumen.
3) Menyediakan kebutuhan fahion bagi
masyarakat
4) Mengurangi tingkat pengangguran,
5) Menjalin persahabatan antara
pelanggan
6) Mendapatkan keuntungan atau laba.
7) Menghasilkan produk baju yang
inovatif.
- Latar Belakang
Dengan
semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang
berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka saya berinisiatif
untuk membuka suatu usaha berjualan
clothing line. Saat ini banyak kaos di pasaran yang kualitasnya dan modelnya
kurang variatif. Yang disukai remaja zaman sekarang biasanya agak ke kaos yang
bergambar unik, tapi saya disini ingin menciptakan usaha yang menjanjikan
keuntungan dengan cara membuat kaos yang beragam model yang sedang diminati
pada saat ini dan dengan kualitas yang bagus dan juga terjangkau bagi kalangan
remaja.
- Visi dan Misi
Visi : Menjadi Entrepreneur yg Sukses
Misi : Mengembangkan Produk usaha yang Inovatif,
Murah dan Berkualitas
Motto :“merencanakan apa yang akan
dilaksanakan dan melaksanakan apa yang sudah direncanakan”
BAB II
KEGIATAN USAHA
- Konsep Promosi
Saya membuat iklan secara on-line
di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi
atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini saya optimis usaha yang saya kembangkan akan lebih mudah dikenal
konsumen.
- Target Pelanggan
Target pelanggan : Para pelajar dan juga mahasiswa yang
sedang terpengaruh fasion dunia barat.
- Prospek Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang
bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, saya yakin usaha ini akan maju.
Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat pada saat
ini sangat besar dan setiap tahun pasti masyarakat membeli kaos terutama pada
saat lebaran/hari raya.
- Mengidentifikasikan segala Kemudahan dan Kesulitan :
Kemudahan
·
Konsumen
menjamur dimana-mana terutama para remaja.
·
Penjualanya
tidak terlalu sulit, karena setiap orang pasti setiap tahun akan membeli
pakaian terutama kaos.
Kesulitan
·
Banyak
pesaing
·
Kepercayaan
sulit dibangun dengan konsumen
- Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Saya ingin membidik pasar kelas
menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak
menyulitkan. Contohnya seperti para
pelajar maupun mahasiswa.
- Contoh Produk :
BAB III
RENCANA PEMASARAN
- Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah
harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah
memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya saya tetapkan Rp.50.000 setiap
kaos (All Size S,M,L,XL,dan XXL)
- Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan saya yaitu
distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk
sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam
penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-bantaknya.
- Strategi Promosi yang akan dilakukan
- Membuat pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
- Melakukan iklan-iklan di internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
- Membuat catalog produk dagang.
- FreeSticker setiap pembelian satu kaos
- Pelayanan yang ramah.
- Pemesanan yg mudah, bisa order via online atau via sms/whatsapp (+6283895833198)
- Lokasi Dagang :
Jl. Margonda Raya,
Depok (Depan Kampus D Gunadarma)
BAB IV
PERMODALAN
- Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian
usaha clothing lines ini, sumber dana utamanya dari saya sendiri selaku pemilik
usaha.
- Biaya Permulaan
Biaya
produksi per bulan terdiri dari:
Modal Awal produksi
|
|
Pembelian
baju grosir(400 pc)
|
Rp. 5.000.000
|
Biaya
Promosi
|
Rp. 2.000.000
|
Biaya Sablon(digital printing)
|
Rp. 3.000.000
|
Biaya
lain-lain
|
Rp. 3.000.000
|
Total
|
Rp. 13.000.000
|
·
Perhitungan Penjualan
=Harga
per/kaos x Jumlah kaos
=Rp.50.000 x
400pc
=Rp.20.000.000
·
Perkiraan Keuntungan
=Pendapatan-Modal awal
=Rp.20.000.000-Rp.13.000.000
=Rp.8.000.000/Bulan
BAB V
PENUTUP
Harapan saya untuk usaha clothing
line ini ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang,maju dan diterima masyarakat
luas.
0 komentar:
Posting Komentar