Batman Begins - Help Select
Facebook  Twitter  Instagram Path Google+ Yahoo
animasi blog

Minggu, 20 Oktober 2013

Perencanaan Berwirausaha

Tugas Manajemen 
Umum #1
SoftSkill

PROPOSAL USAHA CLOTHING LINE




Disusun Oleh :
Nama    : Aditia Duta dwi Cahya
Kelas    : 1DB02
NPM    : 30113216

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas Manajemen Umum# ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh guru pada mata kuliah Manajemen Umum#.
Dalam proses penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya saya dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini saya menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.
 
BAB I
PENDAHULUAN

Sebelum menjalankan usaha yang saya rencanakan ini, maka kita harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, mempromosikan dan mendistribusikan produk melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen terutama konsumen kalangan remaja.
  • Tujuan
Adapun tujuan dalam mengembangkan usaha clothing line ini yaitu:
1)      Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan
2)      Mempromosikan produk dagang agar lebih dikenal konsumen.
3)      Menyediakan kebutuhan fahion bagi masyarakat
4)      Mengurangi tingkat pengangguran,
5)      Menjalin persahabatan antara pelanggan
6)      Mendapatkan keuntungan atau laba.
7)      Menghasilkan produk baju yang inovatif.
  •     Latar Belakang
          Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka saya berinisiatif untuk membuka suatu usaha berjualan clothing line. Saat ini banyak kaos di pasaran yang kualitasnya dan modelnya kurang variatif. Yang disukai remaja zaman sekarang biasanya agak ke kaos yang bergambar unik, tapi saya disini ingin menciptakan usaha yang menjanjikan keuntungan dengan cara membuat kaos yang beragam model yang sedang diminati pada saat ini dan dengan kualitas yang bagus dan juga terjangkau bagi kalangan remaja. 

  •    Visi dan Misi
Visi      : Menjadi Entrepreneur yg Sukses
Misi     : Mengembangkan Produk usaha yang Inovatif, Murah dan Berkualitas
Motto :“merencanakan apa yang akan dilaksanakan dan melaksanakan apa yang sudah direncanakan”


BAB II
KEGIATAN USAHA
  •    Konsep Promosi
Saya membuat iklan secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini saya optimis usaha yang saya kembangkan akan lebih mudah dikenal konsumen.
  • Target Pelanggan
Target pelanggan : Para pelajar dan juga mahasiswa yang sedang terpengaruh fasion dunia barat.
  • Prospek Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, saya yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat pada saat ini sangat besar dan setiap tahun pasti masyarakat membeli kaos terutama pada saat lebaran/hari raya.
  •   Mengidentifikasikan segala Kemudahan dan Kesulitan :
Kemudahan
·         Konsumen menjamur dimana-mana terutama para remaja.
·         Penjualanya tidak terlalu sulit, karena setiap orang pasti setiap tahun akan membeli pakaian terutama kaos.
Kesulitan
·         Banyak pesaing
·         Kepercayaan sulit dibangun dengan konsumen
  • Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Saya ingin membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan.  Contohnya seperti para pelajar maupun mahasiswa.

  • Contoh Produk : 


BAB III
RENCANA PEMASARAN
  • Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya saya tetapkan Rp.50.000 setiap kaos (All Size S,M,L,XL,dan XXL)
  • Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan saya yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-bantaknya.  
  • Strategi Promosi yang akan dilakukan  
  1. Membuat pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
  2. Melakukan iklan-iklan di internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
  3. Membuat catalog produk dagang.
  4. FreeSticker setiap pembelian satu kaos
  5.  Pelayanan yang ramah.
  6. Pemesanan yg mudah, bisa order via online atau via sms/whatsapp (+6283895833198)

  • Lokasi Dagang :
Jl. Margonda Raya, Depok (Depan Kampus D Gunadarma)


BAB IV
PERMODALAN
  • Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian usaha clothing lines ini, sumber dana utamanya dari saya sendiri selaku pemilik usaha.
  •   Biaya Permulaan 
Biaya produksi per bulan terdiri dari:


Modal Awal produksi

Pembelian baju grosir(400 pc)
Rp.   5.000.000
Biaya Promosi
Rp.   2.000.000
Biaya Sablon(digital printing)
Rp.   3.000.000
Biaya lain-lain
Rp.   3.000.000

Total
Rp. 13.000.000















·         Perhitungan Penjualan
=Harga per/kaos x Jumlah kaos
=Rp.50.000 x 400pc
=Rp.20.000.000
·         Perkiraan Keuntungan
=Pendapatan-Modal awal
=Rp.20.000.000-Rp.13.000.000
=Rp.8.000.000/Bulan


BAB V
PENUTUP
Harapan saya untuk usaha clothing line ini ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang,maju dan diterima masyarakat luas.






0 komentar:

Posting Komentar